10 Tips Meningkatkan Kreativitas Anak

Related image

cara mendidik anak agar kreatif - Memiliki anak yang kreatif yang pasti jadi hal yang sangat diimpikan beberapa besar orang-tua. Tengok si anak rajin utarakan pertanyaan aktif bergerak, dan memiliki keterampilan lebih tentunya dapat buat orang-tua merasa bahagia.


Memiliki anak yang kreatif sebenarnya tergantung dari didikan orang-tua. Karena itu, Anda disarankan agar mendidik anak dengan baik dan benar sampai kreativitas yang dimilikinya dapat berkembang. Berikut cara cerdas mendidik anak jadi kreatif :

1. Tumbuhkan rasa percaya diri pada anak 

Rasa yakin diri yaitu hal pertama yang perlu dipunyai agar anak dapat berfikir dan kreatif. Apabila ia malu-malu dan tidak yakin diri, ia tidak berani mengekspresikan diri diluar rutinitas yang saksikan keseharian.

2. Biarlah anak melakukan eksplorasi 

Mulai sejak umur beberapa bulan, anak telah diberi dengan rasa mau tahu yang tinggi. Biarlah mereka selalu melakukan eksplorasi pada dunia di sekelilingnya. Penuhi rasa mau tahunya apabila ia ajukan pertanyaan pada bapak atau ibu, atau lakukan mereka mencari tahu sendiri terlebih dulu, misalnya melalui penilaian, membaca buku, internet, dan lain-lain.

3. Biarlah anak berimajinasi 

Membacakan dongeng untuk anak setiap malam, yaitu salah satu cara melatih imajinasi nya. Imajinasi dapat dilatih juga lewat cara memberi aktivitas menggambar, mengarang narasi, atau bermain role play. Role play yaitu permainan berpura-pura jadi orang yang lain atau mempraktekan aktivitas yang umum dilakukan keseharian, misalnya main dokter-dokteran, main masak-masakan, main sekolah-sekolahan, dan lain-lain.

4. Lebih banyak memberi anjuran dari pada larangan 

Anak ataupun orang dewasa tidak sukai dilarang. Setiap larangan mematikan kreatifitas. Jadi gantinya, berilah anjuran apa yang semestinya ia kerjakan, bukanlah melarangnya. Tetapi, dalam keadaan tertentu apabila sangat terpaksa Kamu harus tegas melarang.

5. Beri aktivitas yang merangsang kreativitas 

Bermain musik, menggambar, buat kerajinan tangan dan aktivitas ekstra kurikuler seperti drama dapat merangsang kreatifitas. Diluar itu, aktivitas ini dapat jadi penyegaran agar anak tidak jemu dengan aktivitas yang sama sehari-hari.

6. Memberi waktu bermain yang cukup 

Bermain yaitu fasilitas untuk belajar. Pilihkan mainan yang sesuai sama umur anak, hingga setiap mainan dapat digunakan untuk merangsang perubahannya. Ketika bermain, anak bebas melakukan apa yang lumrah ia kerjakan, dan tersebut cara memberikannya peluang untuk berfikir kreatif

7. Hindari stress pada anak 

Janganlah terlalu memaksakan jadwal belajar dan les yang ketat. Kasihan anak-anak yg tidak memiliki waktu bebas untuk bermain sesuka hatinya. Stres mematikan kreatifitas. Kebiasaan mengekang anak ataupun orang dewasa untuk berfikir kreatif

8. Beri peluang pada anak untuk berfikir sendiri 

Anak yang senantiasa diberi jalan keluar akan tidak punya kebiasaan untuk berfikir sendiri. Dari mulai beberapa hal simpel, biarlah ia mencari jalan keluar dan melakukan apa yang menurut dia paling baik. Kita dapat memberi arahan dan koreksi apabila ia salah, namun biarkanlah ia memegang kendali.

Baca juga : ternak menguntungkan modal kecil

9. Janganlah memarahi anak apabila melakukan kekeliruan 

Anak yang senantiasa dimarahi juga akan merasa takut untuk melakukan kekeliruan. Walau sebenarnya, kreatvitas perlu sikap berani ambil kemungkinan. Jadi, janganlah gerami anak apabila ia melakukan kekeliruan yg tidak disengaja. Tanpa ada kekeliruan, ia akan tidak sempat belajar.

10. Buat suasana keluarga yang penuh kasih sayang 

Suasana keluarga yang kondusif memengaruhi kreatifitas anak. Buat rasa aman, diayomi, dan disayangi hingga anak rasakan keberadaannya disadari dan diperlukan didalam keluarga

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Ceyron Louis

A web designer from India. And then you write some more information about yourself like this to fill out the space that is left.

0 komentar:

Posting Komentar